Minggu, 27 Mei 2018

CATATAN MINGGU KE 14 AHMAD

CATATAN HARI INI, SENIN 28 MEI 2018
MATAKULIAH : PERANCANGAN BASIS DATA

Assalammualikum wr.wb
Selamat Pagi, Siang, Sore dan Malam Semua

Kembali lagi di Blog saya
Pada postingan ini saya (Ahmad) akan kembali membahas apa saja yang telah saya dapat pada perkuliahan hari ini Senin, 28 Mei 2018 khususnya pada Matakuliah Perancangan Basis Data.

Pada postingan sebelumnya kita telah membahas tentang Query untuk Tabel Faktur yang telah kita buat sebelumnya. Sekarang kita akan membahas tentang Tabel Isi.
Oke langsung saja.

1. Membuat Tabel Isi

Untuk membuat tabel Isi, ketikkan perintah di bawah ini;:
create table isi (
kdbrg varchar (5) not null,
NoFak varchar (20) not null,
nBeli tinyint,
HrgBeli float,
primary key (kdbrg,nofak));

Ketik dan pilih RUN SELECTION
Lakukan seperti paga gambar

Asumsi :
- Kdbrg
  menggunakan tipe data varchar dengan panjang 5
  alasan : struktur field kdbrg yang ada di tabel isi harus sama dengan yang ada di tabel barang karena keduanya saling terhubung.

- NoFak
  menggunakan tipe data varchar dengan panjang 20
  alasan : struktur field NoFak yang ada di tabel isi harus sama dengan yang ada di tabel Faktur karena keduanya saling terhubung.

- nBeli
  menggunakan tipe data tinyint
  alasan : karena data yang akan di input berupa angka dan memiliki batasan setidaknya 128

- HrgBeli
  menggunakan tipe data float
  alasan :  karena data yang akan disimpan berupa data angka yang memiliki koma


2. Menambahkan Record Pada Tabel Isi
Sebelum kita menambahkan record pada tabel isi, pada postingan saya sebelumnya tentang tabel supplier, tabel barang, dan tabel faktur, harusnya sudah ada penambahan record, namun agar penambahan record pada tabel isi ini dapat di jalan, maka tambahlah beberapa record ini ke dalam tabelnya masing - masing :

Untuk Tabel Supplier
Tambahkan record berikut ini ke dalam tabel supplier
Kode Supplier : S003
Nama Supplier : PT Maju Jaya Extra
Alamat Supplier : Jl. Maju Makmur StrgLaw No.1
Kota : Pangkalpinang

Lakukan hingga diperoleh hasil seperti di bawah :

Untuk Tabel Barang
Tambahkan record berikut ini ke dalam tabel barang
Nama Barang : Bolesa Galon
Kode  Barang ; B0002
Stok Minimal : 50
Mata Uang : IDR

Lakukan hingga diperoleh hasil seperti di bawah :

Untuk Tabel Faktur
Tambahkan record berikut ini ke dalam tabel faktur
Nomor Faktur :1101/FB/III/2018
Tanggal Faktur : 2018/03/14
Kode Supplier: S002

Nomor Faktur : 1721/FB/VI/2018
Tanggal Faktur : 2017/06/05
Kode Supplier: S003

Lakukan hingga diperoleh hasil seperti di bawah :

Note : Untuk Perintah /code untuk menambahkan record dan cara menambahkannya bisa teman - teman lihat contohnya pada postingan saya tentang Tabel Supplier atau Tabel Barang pada bagian penambahan record.

Setelah semua record tadi ditambahkan sekarang kita bisa menambahkan record pada tabel isi. Tambahkan record berikut ini ke dalam tabel isi
Kode Barang : B001
Nomor Faktur : 1232/FB/IV/2018
Banyak Beli (nBeli) : 100
Harga Barang : 15000

Kode Barang : B002
Nomor Faktur : 1232/FB/IV/2018
Banyak Beli (nBeli) : 50
Harga Barang : 5000

Lakukan hingga diperoleh hasil seperti di bawah :

Bonus: Untuk penambahan record lebih dari satu seperti record - record yang akan ditambahakan ke dalam tabel ini gunakan perintah seperti bawah ini :

insert into isi values
('B0001','1232/FB/IV/2018',100,15000),
('B0002','1232/FB/IV/2018',50,5000);

Oke Sekian Postingan Hari ini , semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Jangan Lupa Kunjungi
dan

8 komentar:

  1. terimakasih saya sudah paham tentang cara membuat query untuk tabel isi
    dan catatan anda sudah lengkap,

    kunjungi Blog saya di
    https://wicaktoha.blogspot.co.id

    dan kunjungi juga
    www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  2. Terimakasih ahmad ^-^ artikel ini sangat bermanfaat bagi saya dan membantu saya mempelajari lebih dalam lagi tentang query dalam perancangan basis data.

    Jangan lupa kunjugi blog saya ya ^-^ di
    http://adityaramadhan74.blogspot.com

    Dan juga
    http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  3. Terima Kasih Bang Ahmad, artikel anda sangat mudah dipahami dan sangat bermanfaat bagi saya dalam pembuatan database pada perancangan basis data.

    Jangan lupa juga kunjungi blog saya, terdapat pengetahuan tentang beberapa Hardware di
    http://alvianandersen.blogspot.com

    Dan jangan lupa juga kunjungi ini
    http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  4. terimakasih Ahmad, kirimannya sangat bermanfaat, dan menambah catatan saya..

    jangan lupa kunjungi blog saya di http://novaosevadamanik.blogspot.com/
    dan website kampus kita di http://www.atmaluhur.ac.id/
    terimakasih. God Bless Us

    BalasHapus
  5. artikel yang lengkap jelas keren
    kunjungi juga blog saya di brillianthdd.blogspot.com
    dan website kampu di www.atmaluhur.ac.id
    terimakasih~

    BalasHapus
  6. terimakasih saya sudah paham tentang cara membuat query untuk tabel isi

    kunjungi Blog saya di
    https://afda;112.blogspot.com

    dan kunjungi juga
    www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  7. Artikel yang menarik dan juga lengkap karena disertai contoh, sangat bermanfaat

    kunjungi blog saya di
    https://diazaditya.blogspot.co.id/

    dan kunjungi juga
    www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  8. Terimakasih Ahmad, postingannya sangat bermanfaat bagi saya dan sangat membantu saya dalam mempelajari tentang Perancangan Basis Data...

    boleh juga kunjungi blog saya di: https://juniayunita.blogspot.co.id
    dan website kampus kita di: http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus

Query untuk Semua Tabel (pada Database Pembelian) dan Substr (Pada Tabel Mahasiswa)

CATATAN HARI INI,  Senin, 4 Juni 2018 MATAKULIAH : PERANCANGAN BASIS DATA Assalammualikum wr.wb Selamat Pagi, Siang, Sore dan Malam...