Minggu, 13 Mei 2018

CATATAN MINGGU KE 12 AHMAD

CATATAN HARI INI, SENIN 14 MEI 2018
MATAKULIAH : PERANCANGAN BASIS DATA

Assalammualikum wr.wb
Selamat Pagi, Siang, Sore dan Malam Semua

Kembali lagi di Blog saya
Pada postingan ini saya (Ahmad) akan kembali membahas apa saja yang telah saya dapat pada perkuliahan hari ini Senin, 14 Mei 2018 khususnya pada Matakuliah Perancangan Basis Data.

Pada postingan sebelumnya kita telah membahas perancangan Query untuk Tabel Barang, kali ini saya akan membahas sedikit perbaikan untuk Tabel Barang yang telah kita buat sebelumnya. 
Oke langsung saja.

Sebelumnya kita telah membuat tabel barang dengan spesifikasi tabel seperti di bawah ini:
KdBrg varchar (5) not null,
NmBrg varchar (30),
HrgBrg mediumint (6),
StokMin varchar (4)
primary key (KdBrg));

Oke dari spesifikasi di atas ada sedikit perubahan dan tambahan. Langsung saja kita bahas perubahan dan tambahannya.
1) Penggantian Type Pada Field HrgBrg 
    Ganti typenya menjadi Float dengan cara ketik perintah :
    ALTER TABLE Barang MODIFY HrgBrg Float;
 
    Lalu pilih Run Selection,  dan lihat hasilnya menggunakan perintah ;
    describe Barang;
 
    Lakukan dan lihat hasil seperti pada gambar
    Kenapa ???
   Jawaban : Di karenakan kita akan menyimpan data harga barang dengan satuan harga barang yang tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri yang masih menggunnakan sen, maka kita gunakan type data Float agar dapat menyimpan data berbentuk desimal.
Contoh : Harga Barang = Eur 500,85 ( angka 85 adalah sen).

2) Penambahan Field MataUang
    Tambahkan field MataUang dengan cara ketik perintah :
    ALTER TABLE Barang ADD MataUang varchar (3);
    Lalu pilih Run Selection,  dan lihat hasilnya menggunakan perintah ;
    select * from Barang;
 
    Lakukan dan lihat hasil seperti pada gambar
 
    Kenapa ada penambahan field MataUang??
   Jawaban : Penambahan field MataUang dilakukan dikarenakan barang yang di beli tidak hanya dari dalam negeri saja tetapi juga dari luar negeri yang memiliki satuan mata uang yang berbeda.
Cont oh : UDR,USD,HKD,EUR,THB,RM

3) Pengantian Type pada Field StokMin
    Ganti type StokMin menjadi Tinyint dengan cara ;
    ALTER TABLE Barang MODIFY StokMin tinyint;
 
    Lalu pilih Run Selection,  dan lihat hasilnya menggunakan perintah ;
    describe Barang;
 
    Lakukan dan lihat hasil seperti pada gambar

    Kenapa??
   Jawaban ; Di karenakan data stok minimum akan dipakai apabila stok barang sudah sampai pada stok minimumnya maka akan dilakukan pemesanan barang.
Contoh : 125 utk stok minimal barang Bolesa Dus (48 Gelas)

4) Query Untuk Mengcustom Nama Kolom
     Misalnya kita akan mengcustom kolom KdBrg menjadi Kode Barang dan memunculkan kode barang B0001, Maka untuk mengkustom Nama kolom gunakan perintah :
select KdBrg as "Kode Barang" from barang where KdBrg='B0001';

Lakukan dan lihat hasilnya seperti pada gambar:

Nah itulah sedikit perubahan dan tambahan. Sekarang seperti pada judul diatas, saya akan memberikan Bonus berupa Link untuk Tugas Smule saya, video tugas Smule saya bisa di lihat pada link dibawah :

Link Tugas Smule Ahmad

Oke Sekian Postingan Hari ini , semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Jangan Lupa Kunjungi
dan

8 komentar:

  1. makasih Ahmad telah memberikan penjelasan tentang tabel barang, dan gambar yang telah ditampilkan sangata jelas dan mudah dimengerti.
    oh iya kalo ada waktu mampir ke blog saya juga yaa...
    sisirizkyokta05.blogspot.com

    www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  2. Postingannya sangat bermanfaat, dan mudah untuk dipahami. Trimakasih ahmad, bisa untuk tambahan pada materi PBD saat UAS nanti:)

    Kunjungi blog saya juga yaa
    http://aurelliafemilya.blogsopt.com/

    Dan kunjungi juga
    www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  3. sebelum melihat postingan anda saya sempat binggung dengan query2 yang dijelaskan dan saat saya melihat postingan ini saja jadi mengerti semua yang anda jelaskan terima kasih atas pengetahuan yang anda bagikan >,<

    kunjungi blog saya juga yaa
    http://icaardianti.blogsopt.co.id/

    dan kunjungi juga
    www.atmaluhur.com

    BalasHapus
  4. Terimakasih ahmad, mamteri postingannya sangat membantu dan dapat menambah wawasan saya :)

    kunjungi juga blog saya ya
    https://ayuyusnita.blogspot.co.id/

    dan web kampus kita ya
    www.atmaluhur.com

    BalasHapus
  5. Terimakasih Ahmad, dengan adanya blog Anda, dan dengan adanya postingan ini, saya jadi bisa belajar dengan mudah, dimana semua catatannya sudah anda rangkum didalam blog ini.

    Ohh ya Kunjungi juga blog saya di
    https://lenijulianti081.blogspot.ac.id

    Dan juga
    www.atmaluhur.ac.id

    Terimakasih :)

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. penjelasan yang sangat rinci, wow!
    kunjungi juga blog saya di brillianthdd.blogspot.com
    dan website kampus saya di www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  8. Terimakasih Ahmad sudah berbagi banyak ilmu, ini sangat bermanfaat sekali

    yuk kunjungi juga blog saya di: https://juniayunita.blogspot.co.id
    dan website kampusnya juga di: http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus

Query untuk Semua Tabel (pada Database Pembelian) dan Substr (Pada Tabel Mahasiswa)

CATATAN HARI INI,  Senin, 4 Juni 2018 MATAKULIAH : PERANCANGAN BASIS DATA Assalammualikum wr.wb Selamat Pagi, Siang, Sore dan Malam...