Senin, 23 April 2018

CATATAN MINGGU KE 9 AHMAD

CATATAN HARI INI, SENIN 23 APRIL 2018
MATAKULIAH : PERANCANGAN BASIS DATA

Assalammualikum wr.wb
Selamat Pagi, Siang, Sore dan Malam Semua

Postingan ini adalah postingan yang pertama di blog ini.
Pada postingan ini saya (Ahmad) akan membahas apa saja yang telah saya dapat pada perkuliahan hari ini Senin, 23 April 2018 khususnya pada Matakuliah Perancangan Basis Data.

Adapun hal - hal yang telah saya dapat pada perkuliahan kali ini adalah sebagai berikut:

1. MOU (Nota Kesepahaman) untuk Matakuilah Perancangan Basis Data
    
   Adapun MoU (Memorandum of Understanding) / Nota Kesepahaman yang telah kami (mahasiswa) sepakati untuk MoU Matakuliah ini adalah sebagai berikut:
       1) Rajin beribadah dan banyak berdoa.
       2) Hormat/ menghargai orang tua, minta maaf, dan menyatakan menyesal atas nilai yang
           diperoleh, berjanji tidak akan mengulangi perbuatan yang membuat nilai kecil (direkam  dan
           dikirim via voice note WA di group)
       3) Belajar dengan sungguh - sungguh
       4) Ngeblog di blogspot.com menggunakan email nim@mahasiswa.atmaluhur.ac.id
       5) Duduk di depan
       6) Tidak Sombong
       7) Tidak ingel2 dan bising saat di dalam kelas
       8) Murah Senyum
       9) Rajin mencatat dan mendengarkan juga mencari materi yang disampaikan
     10) Datang tepat waktu
     11) Sopan Santun
     12) Selalu masuk di sisa pertemuan
     13) Tidak ribut di kelas
     14) Mandi sebelum kuliah
     15) Tidak merokok / VAPE baik
     16) Rambut menggunakan minyak rambut bagi yang pria dan disisir bagi yang wanita/pria
     17) Menjadi Penurut

2.  Membuat Surat Perjanjian untuk MoU

     Nah buat yang kepo, seperti apa sih isi surat Perjanjiannya, nih saya bagi.


    
3.  Pembagian Hasil Ulangan Tengah Semester (UTS)
     
     Untuk pembagian hasil UTS, nilai yang saya dapatkan saya rasa  Cukuplah, meskipun masih ada rasa penyesalan dalam hati kenapa nilai uts kok sampai begini jadinya. Ya tapi nama hasil jerih payah sendiri ya harus di syukuri. Dari hasil UTS yang Cukup itu saya dapat banyak pelajaran terutama tentang ketelitian dalam mengerjakan dan membaca soal. Hasil UTS ini akan saya jadikan koreksi untuk diri saya sendiri agar kedepannya lebih baik lagi.
      Untuk yang kepo dan penasaran berapa nilai Saya, nih bisa dilihat sendiri, saya ikhlas lahir batin membagi nilai saya.
Nah itu, screenshoot hasil UTS, Bagi yang mau tebak - tebak nilai silahkan tebak.


4. Bahasan tentang Jawaban yang benar dari Soal UTS 

   Jadi soal uts Perancangan Basis Data kami seperti ini;


   Kata kunci untuk menjawab soal ini adalah 
   - Barang
   - Stok Minimum
   - Supplier
   - Setiap Basis Data selalu ada Key (Primary Key)

Pembahasan Jawaban dari Soal di atas.

-  ERD
     Gambar diatas adalah gambar ERD untuk soal diatas. Untuk Jawaban dari
     - Transformasi ERS ke LRS
     - LRS
     - Tabel
     - Skema Relasi
   
     Dengan bantuan ERD diatas seharusnya membuat Transfomasi dll, saya yakin teman - teman semua pasti bisa. Oke Selamat Mencoba.



Terimakasih 
Jangan lupa kunjungi :








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Query untuk Semua Tabel (pada Database Pembelian) dan Substr (Pada Tabel Mahasiswa)

CATATAN HARI INI,  Senin, 4 Juni 2018 MATAKULIAH : PERANCANGAN BASIS DATA Assalammualikum wr.wb Selamat Pagi, Siang, Sore dan Malam...